Haha.
Konyol. Di antara semua ide brilian yang muncul di tengah meeting, cuma ide
cewek dari check in agent ini yang paling bikin kening gue ngerut. Ini maskapai
swasta multinasional yang lagi mau rebranding. Bukan mau pesta ulang tahun.
“Kita
mungkin ambil consideration sama tema Sky Luxury atau Your Home In The Air.
Gimana?” tanya gue ke peserta rapat. Sebagian orang ngangguk. Mungkin antara
setuju atau pengen buru-buru take a break. “Oke sip, kita break setengah jam.
Lanjut lagi jam… berapa ini? Oh, jam tiga. Kita bahas next available option-nya
entar.”
Ruangan pun
sepi dalam waktu satu menit. Semuanya menghambur keluar ruangan kayak lagi
simulasi emergency landing di pesawat.
Oke, Bos.
Jadi gini. Nama gue Tom. Gue kerja di maskapai Indonesia Airbridge, sebuah
maskapai regional Asia Tenggara yang tahun ini lagi mau rebranding image dan
segala-galanya. Nah, gue kebagian sebagai head project for promotion. Gue
bertanggung jawab buat nemuin tema rebranding maskapai, termasuk nyari desain livery
yang bisa di-apply ke pesawat, slogan untuk website, cara baru greeting
announcement di dalam kabin pesawat, dan lain sebagainya. Gue ganteng, Bos.
Kali aja lo butuh informasi itu. Sebab niat awal gue ngelamar ke sini adalah
jadi pramugara, biar makin diakui ganteng. Sayangnya gue terlalu pinter kali,
ya, jadinya yang nge-outsource gue malah ngangkat gue jadi ngantor.
Lebih parah
lagi, Bos, gue sekarang ditunjuk buat jadi bagian penting dalam rebranding. Ya
blah bloh lah gue, gimana caranya dapetin ide buat rebranding sebuah maskapai
besar. Maka dari itu, gue ngundang nyaris semua divisi di station maskapai gue
buat ngumpul di ruang penting. Orang-orang yang penting aja. Yang kalo disuruh
mikir ya beneran mikir, bukan sekadar ngupil sambil garuk-garuk selangkangan.
Ada dari
divisi flight crew, ground crew, manajerial, ramp, customer service, check in,
PSC, dan bla bla bla lain sebagainya Bos, karena yakin lo juga nggak butuh
informasi itu. Intinya banyak orang. Mereka semua ngumpul lalu masing-masing
nyerahin satu ide tentang apa yang harus menjadi tema rebranding maskapai.
Semuanya
oke, Bos. Ada-ada aja ide mereka. Tampak mewah, mahal, dan megah. Ngalahin
Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, lah. Kami semua ngabisin dua jam buat
nyortir mana yang bisa jadi pilihan.
Nah dari
semua itu, ada ide konyol datang dari satu cewek. Nama ceweknya Megan. Dia staf
check in. Orangnya unyu, bohai, kalo makan nasi goreng pasti dia abisin dulu
mentimunnya, baru nasinya. Gue sering ketemu ama dia. Gue deket ama dia.
Okelah,
Bos. Gue ngaku. Gue lagi ngejer dia buat jadi cewek gue. Susah amir buat
dapetin nih cewek. Jalan pikirannya beda. Jalan pulang dari kerja aja beda dari
jalan dia berangkat ke bandara. Nyaris gue ragukan dia sebagai manusia. Megan
nggak secakep Megan Fox. Dan suaranya nggak sebagus Meghan Trainor. Cuma kalo
udah senyum sambil nyengir, gue suka merinding sebadan-badan, Bos. Persis kayak
kerasukan kuntilanak aja gimana. Apalagi pas gue ngobrol lebih jauh ama dia,
gue tahu ada yang beda dari dia.
Makanya
Bos, gue sengaja ngumpulin berbagai orang dari berbagai divisi buat rapat. Kali
aja dia bakalan show up. Eh beneran dia nongol. Abisnya di antara staf check
in, Cuma dia yang nggak males-malesan kerja. Sisanya lebih mikirin entar sore
mau makan mi kocok di mana atau gimana cara nyantet ini penumpang yang
nyebelin.
Nah,
setelah semua ngumpulin ide itu, kami semua kaget pas ada satu ide murahan di
antaranya. Temanya HORE. Ajaibnya, itu datang dari Megan.
“Kenapa
hore?” tanya gue dalam rapat.
“Karena
kita bersuka cita menyambut rebranding. Begitu, kan?” jawabnya. Sebagian orang
pas rapat tadi ketawa. Atau mungkin keselek jakunnya sendiri.
Aneh kan,
Bos, ngapain dia bikin tema HORE untuk maskapai full service yang harusnya
mewah dan mahal ini.
Begitu
rapat break, gue langsung nyamperin dia. Jelas buat pedekate dan godain aja.
“Idenya
bagus,” kata gue, pura-pura berdusta.
“Makasih,”
jawab Megan. “Aku bikin karena aku lagi happy.”
“Kenapa
happy?”
“Ya karena
bos aku ngirim aku ke rapat ini buat ikut nyumbang ide. Dari dulu aku pengen
bikin tema HORE buat rebranding. Tapi siapa sih aku ini, Cuma dari bagian check
in.”
“Ngebet
banget pengen tema HORE. Kenapa sih, Meg?”
“Kan udah
aku bilang di rapat tadi. Untuk menyambut suka cita.”
“Kenapa
harus, maksudnya? Kita kan bisa sedikit mewah-mewahan dengan kata-kata, supaya
pasar kita naik ke penumpang middle class ke atas.”
“Jadi
penumpang middle class ke bawah nggak perlu naik pesawat kita?”
“Bukannya
kalian sering bete kalo ketemu penumpang kampungan?”
Megan
ketawa. “Nggak tau sih kalo temen-temen aku mikirnya gitu. Buat aku, penumpang
kampungan itu menghibur. Aku bersyukur mereka bisa terbang bareng maskapai
kita.”
“Hah?
Kenapa?”
“Karena
sebagian dari mereka kan baru pertama terbang. Pasti jadi pengalaman nggak
terlupakan buat mereka terbang naik pesawat.”
Gue masih
nggak ngerti, Bos. Jadi gue bilang lagi ke dia. “Tapi penumpang kampungan
kadang suka ngerusak kabin. We don’t really need them to fly around.”
“Kok kamu
gitu, sih? Penumpang kampungan juga bayar lho naik pesawat kita. Maskapai ini
bisa tetep terbang karena ada penumpang kampungan yang ikutan nyumbang duit.
Kenapa nggak butuh mereka?”
“Eh,
maksudnya bukan gitu. Konsep kamu itu, sayang banget kalo cuma sampe situ.
Kesannya nggak high class.”
“Nggak
perlu high class, kan?”
“Kenapa
kamu sayang banget sama penumpang middle class ke bawah? Apa alasannya?”
“Nggak ada
alasannya.” Megan mulai ngerutin alisnya. Mungkin dia kesinggung sama kata-kata
gue. Dia lalu ngelanjutin, “Buat aku mereka sama. Sama-sama duduk di pesawat,
dalam kabin yang sama, pesawat sama, dan terbangnya juga barengan ama yang
lain. Nggak misah-misah duduk di sayap atau di mana-mana. Kalo kamu nggak suka
ide HORE aku, ya udah. Aku aja nggak mempermasalahkan pas ide aku nggak
kepilih. Kenapa kamu jadi ribet?”
“Saya
pengen tema kamu ikut kepilih juga. Bonusnya kan gede kalo tema kamu bisa
kepilih.”
“Eh, nggak
perlu, Mas. Aku nyumbang ide ya nyumbang ide. Bukan karena pengen bonus atau
apa. Kalo nggak kepilih ya udah.”
“Kok gitu?
Kenapa nggak mau bonus?”
Megan
mendengus. Tampak mulai bete ama kerempongan gue. “Mas, aku kerja karena aku
cinta kerjaanku ya. Aku nggak mau prioritas utama aku gaji melulu. Ya aku butuh
duitnya, tapi kalo aku aja nggak ikhlas ngerjainnya, entar uang yang aku makan
jadi pahit juga. Jadi ketika kantor aku sendiri minta ide buat rebranding, ya
aku ngelakuin itu karena aku seneng. Semuanya dimulai dari rasa senang aku.”
AKhirnya
cewek itu ninggalin gue di koridor dan nggak muncul lagi sampe rapat dimulai kembali.
Seriusan, gue jadi ngerasa nggak enak udah ngomong gitu ke dia. APa dia
tersinggung? Tapi satu hal yang pasti, gue udah berpikir selama dua puluh menit
terakhir. Ada yang perlu gue ubah.
“Oke, udah
kumpul semua? Mari kita lanjutin lagi rapatnya. Selama break tadi saya dapat
masukan dari beberapa teman. This would sound silly, but I thought, why don’t
we give it a shot? Saya mau nambahin satu tema yang bisa kita jadiin pilihan.”
“Tema apa
Pak Tom?”
“Hore.”
Sebagian
orang di ruangan tertawa lagi. “Kok muncul lagi ide itu, Pak? Kenapa?”
Dengan
percaya diri gue bilang, “Karena rebranding ini sukacita dari maskapai. Gue
setuju sama alasan itu. Jadi, kenapa nggak kita masukkan sebagai pilihan?”
Pada
akhirnya, hore tetap nggak kepilih sebagai tema rebranding karena hasil voting lebih
memilih Sky Luxury sebagai tema yang cocok. Tapi gue ngerasa udah ngelakuin hal
yang benar. Alasan gue bukan sekadar suka cita, atau karena gue naksir
orangnya. Tapi karena Megan benar: Rebranding adalah saatnya kita berkata hore.
Bagi semuanya. Bagi penumpang high class atau low class. Bagi mereka yang ingin
bersuka cita.
291015
Cabe Garam
CS Bandung Writers' Club 5th Meeting
Voted as 2nd favorite story of the night
No comments:
Post a Comment