Tuesday, November 3, 2015

Linux

Menurutmu, binatang apa yang paling keren di seluruh dunia? Menurutku, penguin. Dengan bulu putih-hitam, seekor pinguin tampak seperti sedang mengenakan tuxedo. Ya, memang, aku sih bukan penguin beneran. Aku cuma sebuah boneka yang sempat nyaris berdebu gara-gara berbulan-bulan berada di rak display seaworld. Tapi itu dulu, sebelum seorang kakek membeliku untuk cucu perempuannya yang bahkan bukan anak kecil lagi. Bagaimanapun aku bangga kok jadi sebuah boneka pinguin. 

Ah, iya, kenalkan namaku Linux. Ya, seperti sistem operasi komputer berlogo penguin itu. Tampangku persis seperti itu, penguin dengan perut berisi dengan posisi duduk memamerkan kedua telapak kaki berwarna kuning. Walaupun cuma sebentuk boneka, aku punya akun sosmed, lho! Follow ya, @linuxthetraveler di instagram.

Pemilikku, adalah seorang cewek berumur seperempat abad yang suka jalan-jalan, tapi nggak narsis. Namanya Rey. Alih-alih posting foto selfie di sosmednya, Rey rajin mengupload foto-foto ku di berbagai lokasi. Selain fotoku dengan background sunrise di puncak gunung, foto favoritku adalah dengan background kapal karam. Sempat kuatir sih saat Rey memasukannku dalam kantong kedap udara, dan menggantungkanku di pinggangnya saat akan turun menyelam. Nggak kebayang kalau kantung transparan itu bocor dan aku terendam air laut. Hiy…  


Rey selalu mengajakku pergi dalam ranselnya, karena dia tak akan bisa tidur tanpaku di pelukannya. Sekali waktu aku pernah tertinggal di sebuah hostel, gara-gara dia terburu guru mengejar kereta pertama pagi itu. Saat sampai di tempat tujuan dan menyadari aku tak ada di ranselnya, dia panik dan menelepon hostel tempatku tertinggal. Hari itu juga aku dipaketkan dengan ekspedisi ekspres ke kota tempat pemilikku berada. Konon biaya paketku yang lintas negara itu lebih mahal daripada harga boneka penguin sejenisku di seaworld. Sejak saat itu, aku tak pernah lagi tertinggal. 

-Ririe-
221015
Cabe Garam
CS Bandung Writers' Club 4th Meeting

No comments:

Post a Comment