Saturday, December 5, 2015

Boneka, Kita?

Hari ini aku pingin tidur. Seharian! Capek rasanya berkegiatan selama seminggu tanpa hal yang membuatku ingin. Bosan. Tapi mengingat wajah bosku yang bakal pasang muka asem kalo aku bolos membuatku mau gak mau turun dari kasur ke lantai dan melangkah jauh lebih lemes dan kaku dari zombie yang baru bangkit dari kubur. Huh, gini nih nasib kalo jadi karyawan!
Salah satu teman saya mengajak saya untuk keluar hari ini. Katanya dia akan mentraktir saya makan sembari mengenalkan saya pada pacar barunya. Sebenarnya saya enggan tapi mau bagaimana lagi, rezeki kan tak boleh ditolak. Walaupun sebenarnya berleha-leha di rumah tentu lebih asyik sambil mendengarkan lagu dari penyanyi favorit saya dengan pintu dan jendela balkon yang terbuka lebar. Merasakan hembusan angin sepoi tentu lebih nikmat daripada berpanas-panasan di hari libur seperti ini. Dan saya tetap saja keluar rumah demi kebahagiaan teman!
Anjriit.. Kenapa kesini? Waduh ni tempat busuk banget dah! Gini nih kalo travelling bareng sama orang yang doyannya liburan ala selebritis kayak mereka. Tau gini gue solo travelling aja deh timbang nyasar ke mall dengan carrier di punggung yang tentu gak matching di tempat kayak begini. Naas banget hidup gue yang mempercayakan liburan kali ini sama rombongan travel macam gini. Oh Tuhan, keluarin aku dari sini secepatnya pleaseee!!
Astagfirullah… Jam berapa ini? Aduh kalo Ummi tau ane masih belom berangkat ke mesjid jam segini, pasti udah ngomel tujuh turunan. Belom lagi kalo di tambah dengan laporan sama Abi. Ah, tapi Ummi kan jauh di kampung, gak bakal tau ini kan? Tapi kok tegangnya masih sama kaya kalo dipelototin sama Beliau ya? Sip deh Ummi tenang aja, ane masih inget sama Tuhan kok biar Ummi jauh disana. Sarung mana sarung?
“Hai cantik, seksi banget deh kamu.” Andi sudah siap menjemputku di depan rumah dengan mobil ayahnya. “Tadinya aku mau pake celana jeans dan cardigan soalnya malem ini dingin banget deh!” sahutku sambil menggosok punggung tanganku. Sambil menarik tanganku ke pintu mobilnya Dia berkata, “Aduh kamu kayak nenek-nenek Sayang kalo pake cardigan!”. Hmm.. Dia memang gak suka liat aku dengan cardigan favoritku. Cardigan pemberian dari Ayah di hari Natal dua tahun yang lalu. Cardigan itu cantik berwarha hijau tosca ditambah ornamen bunga-bunga lili kecil di bagian leher dan pergelangan tangannya. Ayah bilang aku manis sekali dengan cardigan itu dibandingkan dengan pakaianku malam ini, celana hotpants dan kemeja putih gombrang berbahan katun tipis. “Tenang saja kalo kamu kedinginan nanti aku yang bakal angetin kamu Sayang” bisiknya sambil membelai pahaku.
Manusia itu makhluk sosial. Saking sosialnya mereka sangat peduli apa yang orang bilang tentang mereka. Mau begini dan begitu masih saja berfikir tentang pendapat orang lain. Syukur kalo emang beneran mikir, tapi kalo ternyata begini begitu karena demi orang lain? Kayak boneka!
Boneka itu jelas benda mati. Mau di mainin tiap hari atau seminggu sekali, dipajang, disimpan atau dilempar ya terserah sama yang punya. Karena mereka kan benda mati, gak bisa bergerak sendiri. Bedanya sama kita?  Kita ini jelas hidup, punya perasaan, berakal dan bisa berpikir. Lalu kenapa kita harus selalu denger dan peduli kata orang jika kita sudah tahu mana yang benar atau salah? Kenapa kita selalu mau mengerjakan sesuatu agar sesuai dengan ekspetasi dan harapan orang tanpa perduli sama rasa nyaman untuk diri kita sendiri? Coba, berapa kali kita melakukan sesuatu yang murni kita lakukan karena kita mau bukan karena kita harus? Kita ini bisa jadi boneka hidup. Jiwa ini empunya, fisik ini ya bonekanya. Cerita apa yang mau kamu mainkan hari ini, ya tinggal kamu sendiri yang bikin alur ceritanya. Bukan dia atau mereka.

-artahartasemesta-
221015
Cabe Garam
CS Bandung Writers' Club 4th Meeting

No comments:

Post a Comment